BERITAJAWI rapat komisi viii
(sumber: kumparan.com)

Biaya Haji kemungkinan Naik

Jakarta, Beritajawi.com – Biaya Haji kemungkinan akan meningkat tahun ini. Hal ini ditularkan oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dalam rapat dengan Komisi VIII DPR RI, Senin (15/3/2021).

Alasan Biaya Haji mungkin Naik

Menurutnya, hal itu tergantung dari kuota jemaah haji yang disediakan selama pandemi covid-19, ada beberapa variabel yang mempengaruhi pendanaan sehingga biaya haji (BPIH) perlu disesuaikan.

Empat variabel yang paling berpengaruh adalah kuota haji, protokol kesehatan, pajak tambahan, dan nilai tukar mata uang. Namun sejauh ini belum ada pengumuman resmi mengenai penyelenggaraan ibadah haji tahun ini oleh otoritas Saudi.

“Secara matematis semakin kecil jemaat kouta yang tersisa, semakin besar beban biaya per orang. Salah satu variabel penentu perhitungan adalah penetapan protokol kesehatan dalam aspek transportasi,” katanya suara.com yang merupakan jaringan inibalikpapan.com.

Alasan Protokol Kesehatan

Pihaknya juga berharap ke depan ada pemahaman dan sinkronisasi antara ketentuan protokol kesehatan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dengan pelaksanaannya dalam angkutan, menurut Kementerian Perhubungan.

Terutama, kata Yaqut, mengenai jarak fisik atau physical estating dan persyaratan pengujian swab.

“Sinkronisasi protokol akan memudahkan kami untuk menerapkan skenario sekaligus menghitung biaya secara lebih akurat,” kata Yaqut.

(sumber: inibalikpapan.com).

ARTIKEL MENARIK LAINNYA  Revisi UU ITE Tak Masuk Prioritas Proleknas 2021, Koalisi Masyarakat Sipil Kecewa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *